MENDENGARKAN KHOTBAH SAMBIL BELAJAR BAHASA INGGRIS


Saudara dan saudari yang dikasihi Tuhan Yesus. Kami yakin, Anda sudah mengetahui bahwa di internet terdapat banyak sekali web yang berisikan khotbah-khotbah dari para hamba Tuhan. Bahkan, mungkin Anda sering membrowsernya. Yang menarik, khotbah-khotbah yang ada di internet tidak hanya berupa tulisan, tapi juga ada yang berupa video, bahkan ada yang disertai teksnya secara lengkap. Jika Anda ingin membaca artikel ini, silahkan klik/sentuh kata "Baca selengkapnya" di bawah ini :



Melihat hal ini, maaf, bagi Anda yang masih tahap belajar berbahasa Inggris, -sama seperti saya juga - dapat memanfaatkannya, tidak hanya untuk mendengarkan Firman Tuhan, tapi juga untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda. Manfaat yang kita dapatkan adalah : Perbendaraan kata bahasa Inggris Anda akan bertambah; Kemampuan Anda untuk memahami pengucapan bahasa Inggris yang diucapkan "native speaker" lebih meningkat; Kemampuan Anda melafalkan kata-kata bahasa Inggris lebih tepat. Masalahanya, bagaimana caranya......... ? Jika Anda ingin mengetahui caranya silahkan klik/sentuh kata "Baca selengkapnya" di bawah ini :


Caranya :

Langkah Pertama   adalah : Menseting/mengatur Halaman Kerja ( Microsoft Word Document)

Caranya : KLIK KANAN di bagian kosong halaman Desktop.Muncul kotak menu. Arahkan mouse Anda ke kata “Baru” (New). Muncul kotak baru yang juga berisikan beberapa menu. Geser mouse Anda dan arahkan ke menu “Microsoft Word Document” Klik menu tersebut. Muncul gambar/icon dengan tulisan “New Microsoft Word Document”. KLIK KANAN gambar/icon tersebut. Muncul kotak menu. Arahkan Mouse Anda ke menu kata “ Ubah nama”/Change name     Hapus/Delete kalimat itu dengan cara menekan toot keyboard “Delete”. Kemudian Anda ketik kotak kosong di bawah gambar/icon itu dengan judul yang Anda inginkan untuk menyimpan hasil kerja Anda. Misalnya Anda ketik “Belajar Alkitab” Lalu KLIK kanan di icon/gambar. Kembali keluar menu, arahkan mouse Anda ke menu “Open”/Buka. Muncul halaman Microsoft Word Document yang sering juga disebut “WORD”. Inilah halaman kerja Anda. Cara membuka WORD” seperti  ini, sudah diajarkan pada anak-anak di Sekalah Dasar.

Inilah halaman WORD.

Lalu Anda Klik kanan icon yang sudah berjudul ini. Muncul menu. Lalu klik “Open”/Buka

Muncul halaman kerja/pengetikan “Microsoft Word Document” atau yang biasanya disebut ‘WORD”, seperti yang ada di bawah ini :



Anda setting/atur halaman “Microsoft Word Document” ini. Mulai dari halaman HOME. Gambar di atas adalah halaman yang dimaksud.

Perhatikan menu-menu yang ada di atas kata “Font”. Menu-menu tersebut gunaya untuk mengatur “HURUF”, untuk menentukan ukuran besarnya huruf , misalnya Anda pilih ukuran: “12”; Jenis bentuk huruf, misalnya “Times New Roman”; Huruf tebal (B) ; Huruf miring ( I ); Huruf bergaris bawah ( U ). Caranya : Ketik saja kalimat-kalimat yang Anda ingin tulis, lalu diblog kalimat yang mau dibentuk, dengan cara mengarahkan mouse Anda ke awal kalimat, lalu tekan kiri mouse, lalu didrag/tarik sampai akhir kalimat, lalu tekanan mouse dilepas. Kemudian arahkan mose Anda ke menu Microsoft Word Document. Lau Anda klik “B” kalau Anda ingin mempertebal hruf-huruf kalimat. Kalimat berubah menjadi berhuruf tebal. Lalu klik kiri di halaman kerja untuk menghilangkan blog berwarna hitam di kalimat yang Anda blog tadi.  

Selanjutnya perhatikan Menu-menu di atas tulisan kata “Paragraph”. Di atas kata paragraph terdapat beberapa menu yang berupa bentuk garis tulisan. Menu-menu ini untuk mengatur bentuk tulisan. Model/bentuk paragraf tulisan ada 4 macam: align left (rata kiri ) – Center (Tengah) – align right (rata kanan) – Justify (rata baris kiri-kanan). Saya sarankan gunakan “align left” sebab mudah untuk dibaca. Caranya arahkan muose Anda ke gambar pertama diatas kata “paragraph”, muncul tulisan “align left”, klik gambar itu. Model “Lurus baris kiri”lah yang Anda pilih.


Berikutnya, atur/seting besarnya halaman ketikan. Caranya : Klik menu/kata “PAGE LAYOUT” maka halaman HOME berubah menjadi halam PAGE LAYOUT seperti di bawah ini :



Perhatikan menu-menu yang ada di atas kata “Page Setup”. Menu-menu ini untuk mengatur/setting ukuran kertas yang digunakan bila hasil kerja Anda di print. Ada menu untuk mengatur jumlah kolom di halaman kerja/pengetikan Anda. Nah, untuk tujuan belajar Alkitab saya sarankan  Klik saja kata “Size”, muncul pelbagai ukuran halaman kertas yang Anda bisa pilih dan, jumlah kolom  Pilih saja ukuran A 4. Caranya klik gambar kotak bertuliskan A 4.


Masih dalam pengaturan/setting halaman kerja/pengetikan. Anda bagi halaman kerja menjadi dua bagian. Halaman bagian kiri untuk naskah khotbah dan yang kanan untuk terjemahan naskah khotbah. Berarti bagian kiri bahasa Inggris dan bagian kanan bahasa Indonesia.


Di antara kelima menu di atas, klik “Insert Table”. Muncul kotak menu seperti ini.


Isi kotak “Number of Columns” dengan angka 2, dengan cara merollnya.
Isi kotak “Number of Rows” dengan angka 1, dengan cara merollnya.
Klik linkaran kecil di bagian “Auto fix to content”.

Klik OK, muncullah dua buah kotak di halaman-kerja Anda seperti di bawah ini :


Cara yang lain untuk mebuat dua kolom dalam WORD/halaman kerja Anda adalah :
Arahkan mouse Anda ke kolom pertama paling atas, lalu tekan kiri mouse Anda, lalu geser/drag  ke kotak kedua, lepas tekanan pada mouse Anda. Hasilnya sama seperti diatas. Dua kolom/kotak kecil muncul dalam halaman kerja Anda.


Anda arahkan mouse ke tengah kotak yang pertama, lalu klik, jika Anda mau mengerjakan ketikan/tulisan, ketik saja di kotak pertama, dan begitu juga dengan kotak yang kedua. Besarnya kolom/kotak akan berubah sesuai dengan banyaknya kata yang Anda ketik dalam kolom/kotak tersebut. Contoh seperti di bawah ini.


Sementara ini biarkan kedua kotak itu kosong, jangan diketik tulisan apapun, sebab tujuan Anda adalah menyimpan bahan khotbah dan terjemahannya. Minimize/sembunyikan halaman kerja Anda (WORD) ini, atau langsung buka salah satu browsher yang Anda miliki, seperti Internet Explorer; Mozila Fire fox, Chrome atau Opera. Kemudian  lakukan Langkah Kedua.

Langkah Kedua : adalah,  Membuka Halaman Web yang berisikan bahan tulisan khotbah dan video yang Anda ingin pelajari.

Caranya : Pilih  web yang menyediakan khotbah dalam tulisan dan video. Saran saya pilihlah web yang berkualitas. Maksudnya, web yang berisikan bahan khotbah yang baik. Pengkhotbahnya mempunyai latar belakang pendidikan teologia yang baik yang pemahamannya diterima secara umum. Berasal dari negara yang berbahasa Inggris. Isi khotbahnya mudah dipahami.  “CaraBelajarAlkitab” merekomendasikan salah satunya adalah : https://www.gty.org
Langkah ketiga. Membuka web https://www.gty.org.

Caranya : ketik https//www.gty.org di kolom browsher alamat web. Lalu di enter. Muncul halaman judul-judul web yang berlink. Klik yang berjudul : “Grace to You” Muncul halaman seperti di bawah ini :


 Klik : Free


Klik : Sermons




Klik : Genesis,  kalau Anda mau membaca dan mendengarkan khotbah yang dasar khotbahnya  diambil dari kitab Genesis (Kejadian)

Setelah Anda mengklik “Genesis” muncul judul-judul khotbah yang dasar khotbahnya dari kitab Genesis (Kejadian) Di bawah kalimat “Sermon from Genesis” terdapat judul-judul tersebut. Anda dapat memilih yang mana Anda suka. Jika Anda ingin memilih judul berdasarkan judul atau tema Anda sendiri, Anda dapat mengetiknya di kolom “Search GTY Rescourses” Misalnya Anda mengetik kata “pain”, yang artinya dalam bahasa Indonesia “sakit” atau “penderitaan”. Mengapa Anda menentukan kata “pain”? mungkin Anda bertanya dalam hati, mengapa umat kristiani bisa sakit atau menderita, bukankah Tuhan Yesus menjadi Gembala mereka ? Kalau Anda klik Enter setelah Anda mengetik kata pain, maka muncullah judul-judul khotbah yang berhubungan dengan pain (sakit atau penderitaan).Anda dapat memilih yang mana saja, terserah Anda. Misalnya Anda memilih judul “God’s Porpose in our pain” (Tujuan Allah dalam penyakit/penderitaan kita).

Langkah ketiga : Mengkopi-paste  bahan khotbah dan terjemahannya.

Hasil copy-paste ini hanya untuk Anda pribadi dan untuk tujuan belajar Alkitab Anda pribadi, tidak boleh dipublikasikan. Hanya disimpan dikomputer Anda, untuk tujuan belajar Alkitab dan bahasa Inggris. Kalau Anda mempublikasikannya, maka Anda termasuk orang yang telah melanggar hak cipta. Dalam hal ini, hak cipta dari pemilik web Grace to You.

Setelah Anda mengklik judul khotbah, maka muncullah halaman yang berisikan video dan teks khotbah, seperti di bawah ini :


Anda copy seluruh tulisan bahan khotbah yang ada dihalaman Grace to You. Dengan cara memblognya dari atas halaman sampai ke bawah halaman. (Arahkan mouse ke sisi kiri paling atas halaman, tepat di awal tulisan khotbah, didrag/ditarik sampai ke halaman paling bawah, akhir tulisan. Biasanya tulisan yang diakhiri kata “Amin”) Halaman tulisan khotbah menjadi gelap. Arahkan mouse Anda ke halaman yang gelap tersebut, lalu Klik Kanan Mouse Anda, lalu Klik tulisan “Copy”. Tulisan telah tercopy. (Anda harus ingat cara mengcopy ini)

Kembali ke halaman kerja (Microsoft Word Document) yang Anda minimize/simpan ketika Anda membuka halaman Grace to You. Tentunya Anda memaximize/memunculkannya kembali.

Di halaman kerja/WORD” Anda sudah ada dua buah kotak/kolom dan  halaman WORD tersebut telah Anda seting/atur sesuai dengan keperluannya.


Pekerjaan Anda selanjutnya adalah mempastekan bahan khotbah yang Anda sudah copy tadi. Arahkan mouse Anda kekotak/kolom sebelah kiri yang ada di halaman WORD. Anda klik kanan tepat ditengah-tengah kotak/kolom. Lalu klik kanan mouse, lalu klik kiri “Paste” (Di komputer saya ada tiga macam paste option yaitu : Keep Sourch Formating - Merge Formating - Keep Texs Only ). Pilih saja “Keep Sourch Formating”. Caranya arahkan mouse Anda ke menu tersebut lalu klik kiri. Maka seluruh bahan khotbah masuk di kolom/kotak sebelah kiri. Berarti pekerjaan mengkopy bahan khotbah dalam bahasa Inggris telah selesai.

Hasilnya seperti ini :



Kini langkah selanjutnya mengcopy-paste terjemahan bahan khotbah. Caranya: Kembali ke halaman Grace to You bagian bahan khotbah. Di halaman khotbah yang berbahasa Inggris itu Anda ubah menjadi berbahasa Indonesia. Anda klik kanan di halaman yang berisikan bahan khotbah tersebut. Keluar kotak menu. Arahkan mouse Anda ke menu “Translate” atau “Terjemahkan  ke bahasa Indonesia”, lalu klik kiri. Secara otomatis seluruh halaman khotbah berbahasa Indonesia. Silahkan Anda copy bahan khotbah yang sudah diterjemahkan ini. Caranya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.


Kembali ke halaman kerja Anda (WORD). Arahkan mouse Anda ke kolom/kotak kanan yang masih kosong. (Sebelah kirinya sudah terisi copyan khotbah berbahasa Inggris) Lalu klik kiri mouse Anda di kolom kosong itu, kemudian klik kanan. Muncul kotak menu. Pilih Paste Option yang ““Keep Sourch Formating”, lalu Klik kiri. Halaman kerja Anda berubah menjadi seperti di bawah ini :


Pekerjaan untuk menympan bahan khotbah dalam bahasa Inggris serta terjemahannya telah selesai. Hasil terjemahan Google tidak sempurna, bahkan ada yang sulit dipahami. Tapi jika Anda memang sudah mempunyai kemampuan berbahasa Inggris Anda bisa memahami apa yang dimaksud dan memperbaikinya. Sejajarkan bahasa asli dan terjemahannya, aline peraline supaya mudah membacanya. Biarkan file/folder hasil kerja Anda ini berada di halaman desktop agar mudah mencarinya.

Langkah Keempat adalah cara mendengarkan video khotbah, sambil melihat teks khotbah dan terjemahannya.

Buka halaman kerja Anda lalu di minimze/disembunyikan.

Buka Grace to You – Pilih Sermon – Pilih Genesis – Pilih “Creation : Believe or Not, Part 1”.
Arahkan mouse Anda ke penyetelan video, lalu klik icon/gambar  play. Lalu klik icon itu. Anda akan mendengarkan khotbah yang teksnya ada di halaman kerja Anda.


Akhirnya, agar Anda dapat mendengarkan khotbah sambil melihat teksnya dan terjemahannya, Anda minimze halaman Grace to You yang sedang aktif dengan videonya, lalu segera Anda buka halaman kerja Anda yang diminimize tadi. Nah, dapat mendengarkan khotbah sambil melihat teks dalam bahasa Inggris dan teks terjemahnnya sekali gus. Roll saja halaman kerja untuk menyesuaikan ucapan khotbah dengan teks/tulisannya.

Jika Anda mau mendengarkan khotbah melalui Youtube yang Anda perlu lakukan :

Buka halaman Youtube”
Ketik judul khotbah di kolom  penelusuran, misalnya : God’s porpose in our pain, lalu ENTER
Muncul halaman pilihan youtube.
Anda klik yang pertama (paling atas)

Muncul hasil setelan Anda. Tayangannya seperti di bawah ini. :





Agar terdapat teks yang diucapkan pengkhotbah, Silahkan Anda klik icon/gambar yang saya berikan tanda garis merah pada gambar video youtube di atas.
Klik icon tersebut.

Muncul menu pilihan. Klik menu “SubTitel/Teks”; Klik “Inggris” ; Arahkan mouse ke halaman kosong (di mana saja) lalu klik. Daftar menu hilang. Maka muncullah Video denganteks berbahasa Inggris. Gambar di bawah ini sebagai contohnya.



Selamat Mencoba. Tuhan Yesus memberkati.

TAMBAHAN :

Apabila Anda ingin mengetahui tentang web Terjemaan Google, klik/sentuh saja tanda @ dibawah ini, lalu Anda pilih judul yang Anda inginkan.
@ Bantuan Google Translate.

Apabila Anda ingin setiap web di komputer Anda  terdapat tool terjemahan Google, klik saja tanda @ di bawah ini , lalu ikuti petunjuknya.
@  Membuat website Anda langsung dapat diterjemahkan 90 bahasa.

Apabila Anda mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris disebabkan Anda merasa belum menguasai Tata Bahasa Inggris, tidak perlu cemas. Hafalkan saja terus kalimat perkalimat dengan memahami artinya. Pada saatnya kalimat-kalimat yang Anda hafalkan itu akan meluincur dari mulut Anda ketika Anda berbicara dalam bahasa Inggris. Banyak orang yang tidak belajar tata bahasa Inggris tapi lancar berbahasa Inggris. Tapi tidak salahnya Anda membuka web tentang tata bahasa dan  frasa bahasa Inggris. Klik saja tanda @ di bawah ini :

@ Tata Bahasa Inggris
@ Frasa Bahasa Inggris yang paling umum digunakan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda sangat saya harapkan.Bila ada komentar yang lebih mendalam dan memerlukan penjelasan yang lebih terperinci, dapat melalui : rony.gunawan.sth@gmail.com
Trims Gbu