CARA BELAJAR ALKITAB DENGAN MENGGUNAKAN SITUS BLUELETTERBIBLE.ORG (Web BLB)

Sahabat-sahabat dalam Tuhan Yesus Kristus. Situs BLB (Blueletterbible.org ) adalah situs yang sangat lengkap untuk membantu belajar Alkitab. Cara penggunaannya sangat mudah sebab penjelasannya sangat jelas. Selain itu menu yang terdapat di dalamnya sangat lengkap. Walaupun demikian blog “Cara Belajar Alkitab” berusaha untuk membantu Anda untuk lebih mempermudah memahami dan menggunakannya. Jika Anda ingin membaca artikel ini secara lengkap, silahkan klik/sentuh kata"Baca selengkapnya" di bawah ini :


Alangkah baiknya  jika Anda memiliki akun di web BLB. Jika Anda tidak berminat tidak masalah. Anda dapat langsung menggunakan web BLB sebagai alat bantu untuk belajar Alkitab. Jika Anda berminat membuat akun, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini :

Muncul halaman : Thompson's Chain Reference: Special Bible Readings

Klik LOGGIN (di kanan atas halaman);
Klik Register a new BLB account.
Isi Kolom sesuai permintaan. ENTER YOUR EMAIL ( Masukkan alamat email Anda.); USER NAME (Ketik nama pengguna Anda); FIRST NAME (Masukkan nama depan Anda); PASSWORD (Isi dengan kode password yang harus diingat); RE-ENTER (Ketik ulang kode Password); Akhirnya klik REGISTER.

Muncul halaman blueletterbible.org milik Anda. Anda telah terdaftar. Nama Anda tercantum dalam halaman kanan atas. “Wellcome nama Anda”. Biasanya BLB akan mengirimkan email ke Anda untuk aktivasi akun Anda. Buka saja email Anda dan klik link aktivasi dari BLB.
Jika Anda mau keluar dari halaman ini. Klik Logout. ( di kanan atas halaman)

Apabila Anda mau belajar Alkitab dengan menggunakan situs BLB, maka Anda harus mengetahui cara penggunaan menu yang disediakannya.
Menu yang nampaknya dapat digunakan untuk belajar Alkitab di halaman ini :
SEARCH (Pencarian) – STUDY (Mempelajari/Penelitian) – DEVOTIONAL (Renungan) – MINISTRIES (Pelayanan)

Marilah kita pelajari satu persatu menu yang kita butuhkan untuk belajar Alkitab.

1.     SEARCH (Pencarian) :

Arahkan mouse Anda ke button “SEARH” dan langsung arahkan/geser ke kotak SEARCH. Anda pilih yang Anda butuhkan.  Atau langsung saja klik  "DI SINI"

1.     BIBLE SEARCH (Pencarian Alkitab). Menu ini membantu Anda mencari ayat-ayat Alkitab yang Anda butuhkan, dengan cara mengetik ke kolom berupa kata atau ayat Alkitab yang Anda cari. Misalnya “John 3 : 16” atau kata “love”. Anda dapat memilih versi Alkitab yang tersedia, dengan cara memilih dan mengklik kotak yang berisikan nama singkatan versi Alkitab. (Mis: KJV = King James Version ) Lalu Anda klik tanda  “panah”  atau enter.

2.     LEXICONC SEARCH (Pencarian Lexiconc). Menu ini untuk pencarian definisi kata yang terdapat dalam  Alkitab  bahasa Ibrani atau Yunani, dengan cara mengetik kata dalam bahasa Inggris di kolom yang tersedia,  Misalnya : ketik kata love. Lalu enter. Anda akan mendapatkan kata love dalam bahasa Ibrani dan Yunani serta definisinya.
  
3.     THEOLOGICAL FAQ SEARCH (Pencarian Tanya jawab Theologis). Menu ini berisikan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang umumnya muncul di tengah masyarakat kristen dan non kristen yang berhubungan dengan keagamaan. Misalnya tentang neraka. Mungkin Anda punya pertanyaan tentang neraka, misalnya mengapa Tuhan menciptakan neraka, bagaimana keadaan di neraka dan sebagainya. Caranya ketik kata “hell” di kolom yang disediakan, lalu enter. Penjelasan tentang neraka akan muncul. Ingat, kata yang Anda ketik harus  berbahasa Inggris.

4.     MULTIVERSE RETRIEVAL (Pencarian ayat Alkitab secara bersamaan atau berbarengan). Menu ini membantu Anda mendapatkan ayat-ayat Alkitab secara bersamaan sehingga Anda tidak perlu membuka dan menuutup Alkitab Anda berulang-ulang. Misalnya Anda mau membaca Gen 1 : 1-15; Rev 3 : 4 ; Jer 21 : 10 ketik saja ayat-ayat tersebut ke dalam kolom yang disediakan. Lalu klik “Retrieve”. Jangan lupa gunakan  tanda titik koma ( ; ) sebagai pemisah kitab satu dengan yang lainnya, dan gunakan singkatan nama-nama kitab dalam bahasa Inggris. Contoh : Kejadian = Gen, Yeremia = Jer. Singkatan-singkatan tersebut Anda bisa baca di Alkitab berbahasa Inggris. Umumnya terdapat di halaman depan Alkitab. Cari saja di Internet.

5.     BROWSE DICTIONARY TOPICS ( Browse Topik atau judul yang ada dalam kamus Alkitab) Menu ini sebagai menu yang berisikan kamus-kamus Alkitab terkenal. Jika Anda ingin mencari penjelasan tentang arti kata yang terdapat dalam Alkitab, tokoh Alkitab atau  istilah theologia, Anda harus tahu terlebih dahulu kata tersebut dalam bahasa Inggris. Misalnya Musa :”Moses”, Kerajaan Allah : “Kingdom of God” Jangan menggunakan artikel  “the” atau “a”. Untuk kata Moses Anda klik huruf  “M” lalu klik“Mo” dari abjad yang disediakan, sedangkan untuk Kingdom of God Anda klik huruf “K” lalu klik “Ki”.  Roll ke bawah sampai Anda menemukan kata-kata yang Anda cari. Jangan lupa bahwa “huruf” yang Anda pilih adalah sebagai “huruf awal” dari kata yang Anda ingin ketahui artinya.

2.     STUDY (Mempelajari/Penelitian)

Arahkan mouse Anda ke button “STUDY” dan langsung arahkan/geser ke kotak BIBLE COMMENTARIES. Anda pilih yang Anda butuhkan. Lalu klik.

BIBLE COMMENTARIES

1.     TEXT COMMENTARIES
Arahkan mouse Anda ke button  “STUDY” dan langsung geser/arahkan ke link “Text Commentaries”, kemudian klik. Anda  Anda menjumpai halaman yang berisikan nama-nama komentator teks Alkitab. Anda tinggal pilih dan klik nama tersebut. Setelah Anda klik Anda akan mendapatkan latar belakang/kisah kehidupan dari komentator tersebut dan judul-judul karya tulisannya tentang Alkitab. Anda dapat membaca tulisan tersebut dengan mengkliknya.

2.     AUDIO & VIDEO COMMENTARIES
Arahkan mouse Anda ke button  “STUDY” dan langsung geser/arahkan ke link  “AUDIO & MAP; VIDEO COMMENTARIES” kemudian klik. Muncul halaman yang
berisikan nama-nama pengkhotbah. Silahkan Anda pilih dan mengklik nama pengkhotbah yang Anda ingin dengarkan khotbahnya. Setelah Anda klik nampak halaman yang berisikan judul-judul khotbah dengan ayat-ayat Alkitab. Klik judul tersebut, Anda langsung dapat mendengarkan khotbah.

3.     BIBLE REFERENCE (Referensi Alkitab)

a.      Harmony of the Gospels ( Harmoni Injil )
Arahkan mouse Anda ke button “STUDY” dan langsung geser ke link “Harmony of the Gospel” lalu klik. Anda segera mendapatkan halaman yang memuat judul dari kisah yang sama dari kitab-kitab Injil yang berbeda. Menu ini dapat digunakan untuk melihat kisah yang diceritakan Injil lebih lengkap dan jelas. Bukan untuk mencari-cari perbedaannya, terlebih lagi untuk pertentangannya. Perlu kita ketahui bahwa keempat kitab Injil saling melengkapi, bukan saling bertentangan.

b.     Encyclopedias / Dictionaries ( Ensiklopedia / Kamus )
     Arahkan mouse Anda ke button “STUDY” dan langsung geser ke link “Encyclopedias/Dictionaries”, lalu klik. Anda akan menjumpai halaman yang berisikan huruf abjad A sampai Z. Halaman ini berguna untuk mencari penjelasan pokok pelajaran yang Anda pelajari. Baik tentang tokoh Alkitab, tempat, benda, istilah Alkitab ( theologia ) dan sebagainya. Caranya : Anda harus mengetahui terlebih dahulu kata dasar dari pokok pelajaran yang Anda pelajari untuk mendapatkan huruf awal dari kata tersebut. Misalnya masalah “baptisan”. Maka kata dasar dari baptisan dalam bahasa Indonesia “Baptis”. Kata ini Anda harus terjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Gunakan saja “Terjemahan Google”. Kata yang akan Anda dapatkan dari terjemahan google adalah  “Baptism”. Huruf awal dari Baptism adalah “B”. Maka Anda harus mengklik huruf “B” dan kemudian “Ba”. Carilah kata “Baptism” dengan meroll halaman sampai Anda menemukannya. Klik saja maka Anda akan mendapat judul-judul tentang baptisan. Pilih lalu klik, kemudian bacalah. Mudah bukan ? Cara ini hampir sama dengan cara “BROWSE DICTIONARY TOPICS” ( Browse Topik atau judul yang ada dalam kamus Alkitab) yang telah dijelaskan sebelumnya.

c.      Introductions to the Bible ( Kata- kata Pendahuluan atau latar belakang tentang kitab-kitab )
Arahkan mouse Anda ke button “STUDY” dan langsung geser ke link “Introductions to the Bible”. Anda akan medapatkan nama-nama kitab. Klik saja kitab yang Anda ingin ketahui latar belakangnya. Di halaman ini Anda dapat membaca penulis kitab, waktu dan lokasi penulisan, tujuan penulisan kitab, alamat atau tujuan dari tulisan kitab yang bersangkutan, dan susunan kitab. Anda dapat lebih memahami isi kitab yang Anda baca bila Anda membaca laman ini. 

d.     Topical Indexes ( Indeks topikal )
Arahkan mouse Anda ke button “STUDY” dan langsung geser ke link Topical Indexes, lalu klik. Anda akan menemukan halaman yang berisikan judul-judul theologis dan gerejawi. Misalannya tentang kitab suci, Allah, berhala, mujijat, liturgi dan sebagainya.

e.      Charts and Outlines (Grafik dan Garis Besar )
Arahkan mouse Anda ke button “STUDY” dan langsung geser ke link “Charts and Outlines”. Anda akan menjumpai halaman yang berisikan isi pokok-pokok Alkitab, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Selain itu dijelaskan juga masalah budaya, sosial dan gereja.

f.      Timelines
Arahkan mouse Anda ke button “STUDY” dan langsung geser ke link  “Timelines”. Halaman yang Anda buka ini terdapat kronologis Peta Timeline dari Rasul Paulus,Kronologi Kisah Para Rasul dan Surat-surat dan Grafik dan Peta.

g.     Maps / Images ( Peta dan Gambar )
Arahkan mouse Anda ke button “STUDY” dan langsung geser ke link “Maps”. Muncullah nama-nama kitab dari seluruh Alkitab. Jika nama kitab tersebut Anda klik, maka muncullah gambar-gambar yang nampaknya ada hubungannya dengan kisah yang ada dalam kitab yang bersangkutan. Tentunya gambar-gambar ini membantu Anda mendapatkan bayangan tentang lokasi, benda atau orang yang dikisahkan dalam  Alkitab.

4.     DEVOTIONAL (Renungan)
Arahkan mouse Anda ke button “DEVOTIONAL”, lalu Anda geser ke link dari pelbagai macam judul-judul renungan. Diantaranya :  Renungan Harian, Renungan Pagi Hari dan Malam Hari, Janji-janji Firman Tuhan dan Rencana Baca Alkitab Harian. Silahkan Anda klik sesuai dengan kebutuhan Anda.

5.     PRODUCTS (Produk yang ditawarkan)
Web BLB menawarkan produknya seperti : Alkitab, buku rohani, buku elektronik  dsb. Jika Anda berminat dengan produk yang ditawarkan, silahkan klik menu ini lalu cari bagaimana caranya untuk belanja di BLB.

Saran kami, jika Anda masih belum menguasai bahasa Inggris dengan baik, terlebih lagi Anda masih dalam tahap belajar, gunakan “Terjemahan Google” untuk menterjemahkan teks bahasa Inggris. Setting komputer Anda untuk bisa menterjemahkan secara langsung web yang berbahasa asing. Tambahkan aplikasi add ons Terjemahan Opera, Google Chrome, Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Caranya : Ketik di kotak browser Anda "Aplikasi add ons terjemahan Opera"(Tergantung Anda menggunakan Opera, Chrome, Internet Explorer atau Mozilla Firefox browser).  Muncul situs-situs yang menyediakan aplikasi tersebut. Ikuti saja petunjuknya. ( Ketik atau copy-paste link di bawah ini di kotak alamat web komputer Anda: https://addons.opera.com/en/extensions/details/translate-4/?display=id  ) Atau klik 'OPERA"


 Setelah Anda menginstall aplikasi terjemahan dan mengaktifkannya, maka Anda hanya mengklik kanan mouse Anda pada setiap web berbahasa asing, muncul kata “Terjemahkan ke Bahasa Indonesia” (Bahasa komputer Anda), Anda klik kalimat tersebut, langsung seluruh web berbahasa Indonesia (Bahasa Anda). Jika ingin dikembalikan ke bahasa aslinya, klik kalimat “Perlihatkan laman asli” yang terdapat di kanan atas halaman.  Kalau Opera langsung ada pemberitahuan di halaman yang anda buka, letaknya di atas halaman.

Dalam belajar Alkitab, buka dua browser sekaligus, misalnya Google Chrome dan Internet Explorer. Satu untuk baca web dan yang lainnya untuk pekerjaan menterjemahkan.

Jika Anda ingin langsung mendapatkan laman yang berisikan "Study Resources" di web BLB, klik saja  "DI SINI"

Semoga penjelasan dari blog “CARA BELAJAR ALKITAB” membantu Anda. Tuhan Yesus Kristus memberkati Anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda sangat saya harapkan.Bila ada komentar yang lebih mendalam dan memerlukan penjelasan yang lebih terperinci, dapat melalui : rony.gunawan.sth@gmail.com
Trims Gbu