BELAJAR ALKITAB MENGGUNAKAN VIDEO

Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. Tahukah Anda bahwa Video adalah alat yang sangat membantu Anda untuk belajar Alkitab ? Biasanya seseorang akan langsung menekan/klik tombol “play” untuk menonton isi dari video. Kalau yang Anda tonton adalah video berbahasa asing tentunya ini menjadi kurang bermanfaat untuk Anda, kecuali jika Anda memahami bahasa asing tersebut. Blog “CARA BELAJAR ALKITAB” akan membantu Anda untuk bisa menggunakan video berbahasa asing untuk belajar Alkitab dan juga meningkatkan bahasa Inggris Anda. Jika Anda ingin membaca artikel ini selengkapnya, klik/sentuh kata"Baca Selenghapnya" di bawah ini :

Sebelum Anda memainkan video yang akan Anda gunakan untuk belajar Alkitab, terlebih dahulu Anda harus membuat pengaturan penampilan video di komputer Anda. Apa saja yang perlu Anda atur ? Aturlah komputer Anda untuk dapat menampilkan tayangan di layar monitor Anda seperti di bawah ini :




Halaman komputer di atas terdiri dari dua bagian. Sisi kiri dan Sisi kanan. Sisi kiri halaman adalah untuk menonton video dan membuat pengaturannya, sisi kanan untuk membaca teks yang diucapkan pengkhotbah dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Anda bisa menentukan bahasa apa yang Anda inginkan. Anda bisa mengaturnya. Apa yang harus Anda lakukan supaya halaman di komputer Anda seperti gambar di atas ? Baca penjelasan di bawah ini.

Aktifkan komputer Anda dan gunakan “Window 8.1” dan “Google Chrome” 

Ketik di kolom pencarian “grace to you” atau ketik di kolom alamat web “www.gty.org
Halaman Grace to you.



Klik “VIDEO”

Muncul judul-judul khotbah seperti gambar di bawah :


Klik salah satu judul khotbah yang ada di halaman ini. Klik saja yang bertanda merah.

Muncul halaman seperti di bawah.


Klik “Read Menuscript” yang diberi tanda warna merah. Menu ini berisikan naskah khotbah/skrip lengkap, tentunya dalam bahasa Inggris karena Rev JohmMacArthur berkhobah dalam bahasa Inggris. Naskah khotbah ini nanti Anda akan copy. ( Hasil copy hanya untuk Anda pribadi, tidak boleh dijadikan bahan tulisan Anda dan dipublikasikan )

Setelah muncul naskah khotbah, Anda minimize/sembunyikan halaman ini, dengan cara mengklik tanda ( - ) yang ada di sudut kanan halaman, atau dengan cara langsung klik gambar/icon “Google Chrom”  yang ada di bagian bawah monitor komputer Anda.

Anda harus mempersiapkan halaman kerja (WORD) terlebih dahulu, untuk keperluan menyimpan hasil copy.  Caranya : “Klik kanan” mouse Anda di halaman “Desktop” – Arahkan cursor mouse Anda ke kata“Baru”/New – dan kemudian arahkan cursor mouse Anda ke kata “ Microsoft Word Document” dan klik kata tersebut. Lalu muncullah halaman seperti gambar di bawah. Inilah icon/gambar Microsoft Word Document  :


Hapus kata Microsoft Word Document dengan mendeletenya/menghapusnya. Langsung klik tut keyboard yang bertuliskan “Delete”, kalau icon/gambar "Microsoft Word Document" tersebut masih dalam keadaan  gelap. Jika warnanya terang, Anda arahkan cursor mouse Anda ke kata-kata tersebut, lalu klik, dan hapuslah dengan menggunakan tut keyboard yang bertuliskan  “Delete” atau “Backspace”. Kemudian ketik judul baru sebagai penggantinya ditempat yang sama. Misalnya Anda ketik “Belajar Alkitab”. Gambar/icon berubah menjadi seperti gambar di bawah ini. Inilah gambar/icon Word, tempat menyimpan hasil kerja Anda Anda.


Setelah itu, klik kanan pada gambar/icon WORD. Lalu klik “Open”/Buka.

Muncul halaman WORD/halaman kerja Anda.


Aturlah halaman kerja Anda (WORD). Ubah besar huruf menjadi  : 12 ; Ubah bentuk huruf menjadi “Times New Roman” dengan cara klik tanda panah kecil.  Klik huruf B untuk mempertebal huruf agar hasil kerja Anda mudah dibaca. Menu-menu tersebut saya beri tanda merah pada gambar di atas. Semua ukuran dan bentuk tulisan, Anda dapat tentukan sendiri sesuai selera Anda.

Klik kata INSERT, muncul halaman baru (halaman Insert). Klik Gambar kotak-kotak yang bertuliskan Table. Muncul :


Arahkan cursor mouse Anda ke kotak pertama, lalu geser ke kotak kedua, kearah sisi kanan. Kemudian klik mouse Anda. Muncul di halaman WORD dua buah kotak. Setalah itu  geser crusor mouse Anda ke halaman kosong, lalu klik. Pada saat penggeseran crusor Anda, mouse jangan ditekan sama sekali, baik yang kiri maupun yang kanan. Hasilnya seperti ini.


Sekarang letakkan (paste) naskah/skrip khotbah yang sudah di copy dari web “grace to you” ke halaman “WORD” (halaman kerja) Anda.

Buka kembali halaman grace to you yang Anda minimize sebelumnya, dengan cara minimize halaman kerja/WORD atau mengklik logo CHROM  yang ada di layar monitor bagian bawah.

Terlihat pada monitor halaman “grace to you” yang berisikan video dan naskah khotbah. Anda block seluruh naskah/skrip khotbah. Caranya : Arahkan crusor mouse Anda pada kata awal naskah/skript khotbah yang mau disalin/copy, lalu tekan kiri mouse, kemudian drag sampai akhir naskah khotbah. Lepas tekanan mouse Anda.  Setelah di block, arahkan cursor mouse Anda ke naskah yang berwarna gelap itu. Klik kanan, kemudian klik “Copy”. Selajutnya Anda paste copian/salinan ini ke WORD/halaman kerja Anda.


Cara mempaste naskah khotbah adalah meminimize halaman grace to you, munculkan kembali halaman “Word”(Halaman kerja). Arahkan crusor mouse Anda ke kotak pertama yang ada di halaman Word. Klik tepat didalam kotak pertama, lalu klik kanan, Arahkan crusor mouse ke Paste Option dan klik gambar yang ketiga “Keep Text Only” (A). Maka halaman menjadi seperti berikut :


Pekerjaan Anda selanjutnya adalah mengkopy (copy) terjemahan naskah/skrip khotbah dari halaman grace to you ke halaman Word (Halaman Kerja Anda)

Caranya : Kembali ke halaman “grace to you” yang berisikan naskah/skrip khotbah dalam bahasa Inggris. Di halaman naskah/script khotbah klik kanan mouse Anda, lalu klik Translate (Terjemahakan ke bahasa Indonesia). Seluruh naskah/skrip khotbah berubah menjadi bahasa Indonesia. Kalau tidak muncul kata “Translate”/”Terjemahkan ke bahasa Indonesia”, Anda harus menggunakan Google Translate. Terjemahkan saja di kolom “Google Translate”

Anda copy naskah berbahasa Indonesia ini. Lalu Anda kembali ke halaman WORD”. Arahkan crusor mouse Anda ke kotak/kolom kosong yang ada di sisi kanan halaman, bentuknya kecil memanjang ke bawah. Saya beri tanda merah (Lihat gambar di atas) Klik di kolom kosong tersebut, lalu klik kanan, klik Paste Option bagian “Keep Text Only (A)
Halaman Word menjadi seperti ini:


Buka kembali halaman grace to you yang berisikan video yang di bawahnya terdapat naskah/skripnya. Anda arahkan crusor mouse Anda ke sisi paling atas halaman monitor Anda, posisinya agak ditengah halaman. Tekan kiri mouse Anda, drag/geser halaman ini ke bawah sedikit lalu terus didreg/digeser kesisi kiri sampai mentok, gambar tidak bergerak lagi, lalu mouse Anda lepas tekanannya. Halaman tadi akan mengisi hanya separuh halaman monitor komputer Anda. Lihat gambar di bawah.



Lakukan hal yang sama dengan halaman kerja / Word. Buka halaman Word Anda dalam keadaan layar monitor seperti di atas. Caranya: arahkan crusor mouse Anda ke icon/gambar Word di bawah monitor,  lalu klik gambar tersebut.
Muncul halaman word di seluruh layar monitor Anda. Arahkan crusor mouse Anda , sampai mentok ke halaman paling atas, posisinya agak tengah. Kemudian tekan kiri mouse Anda, drag sedikit ke bawah terus geser   ke kanan sisi layar monitor sampai mentok. Lepas tekanan pada mouse Anda. Muncullah gambar seperti di bawah ini :



Anda dapat menikmati tayangan video pada layar monitor Anda sekaligus  membaca teks khotbah dan terjemahannya. Tentunya sebagai hasil terjemahan Google yang perlu Anda perbaiki. Kedua halaman pada layar monitor Anda dalam keadaan  aktif/online, jadi Anda bisa mengatur atau mengubahnya. Misalnya :Mengatur tayangan video, menetukan ukuran gambar, keras suara, teks video,  besar huruf, mengedit terjemahan dan sebagainya.

Jika Anda ingin mendengarkan khotbah di Youtube disertai teksnya, Anda bisa baca di blog ini dengan judul : “Mendengar Khotbah sambil belajar Bahasa Inggris” di halaman terakhir.

PERHATIAN :
Hasil kerja Anda dalam menterjemahkan naskah/skrip khotbah dari web apa saja, tidak diperkenankan untuk dipublikasikan atau dijadikan sebagai bahan tulisan Anda. Hal ini disebabkan terjemahan Google atau terjemahan Anda besar kemungkinan  tidak sesuai dengan makna aslinya. Selain itu Anda akan dianggap telah melanggar hak cipta dari pemilik web yang bersangkutan. Hasil kerja yang Anda dapatkan hanya untuk Anda pribadi dan untuk tujuan belajar Alkitab dan bahasa.

Selamat mencoba. Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda sangat saya harapkan.Bila ada komentar yang lebih mendalam dan memerlukan penjelasan yang lebih terperinci, dapat melalui : rony.gunawan.sth@gmail.com
Trims Gbu