BAHAN PELENGKAP UNTUK BELAJAR ALKITAB

by : rony gunawan sth

Rekan-rekan. Alkitab adalah kitab suci umat krstiani. Kitab yang diyakini sebagai Firman Tuhan, diyakini sebagai yang dapat menumbuhkan iman, yang jadi petunjuk dan pedoman dalam kehidupan umat kristiani. Dapat dikatakan bahwa umat kristiani tidak lepas dari kebutuhannya membaca Alkitab. Yang menjadi permasalahannya adalah bahwa kitab suci orang kristiani atau yang disebut Alkitab itu, awalnya merupakan tulisan kuno yang sudah ribuan tahun ditulis. Selain itu bahasa yang dipakaipun adalah bahasa Ibrani dan bahasa Yunani kuno.



Alkitab yang digunakan oleh umat kristiani di dunia merupakan terjemahan dari bahasa asli Alkitab. Melihat hal itu untuk memahami isi tulisan Alkitab tidaklah mudah. Tidak hanya tulisannya sebagai tulisan kuno, tapi juga tulisan itu ditulis dalam zaman yang kebudayaannya yang sangat kuno. Kuno di sini maksudnya, jauh berbeda metode, gaya dan bentuk penulisan serta cara berpikir penulis pada zaman penulisan Alkitab dengan para penulis zaman sekarang. Jangan kita berpikir bahwa Alkitab itu langsung ditulis Allah, dengan gaya tulisannya Allah dan bahasanya Allah. Allah hanya memberikan ilham atau pewahyuan saja. Gaya penulisan Alkitab adalah gayanya penulis pada zaman Alkitab itu, begitupun dengan bahasanya. Karena itulah setiap umat kristiani membutuhkan metode/cara memahami isi tulisan Alkitab, sehingga tulisan Alkitab bisa dipahami. Dengan demikian tulisan Alkitab yang kita yakini sebagai Firman Tuhan itu dapat kita pahami dengan benar dan kita terapkan dalam kehidupan kita dengan cara yang benar pula.

Umat kristiani tidak cukup membaca Alkitab tapi juga harus belajar Alkitab. Belajar Alkitab dengan membaca Alkitab tentunya berbeda. Belajar Alkitab ada usaha untuk betul-betul memahami, tapi membaca Alkitab hanya sekedar untuk tahu atau memenuhi kewajiban sebagai umat krsitiani. Setiap umat krstiani wajib tahu metode/cara belajar Alkitab. Melalui situs Cara Belajar Alkitab ini, kita akan bersama-sama belajar menggunakan metode yang sangat sederhana namun efektif. Anda bisa baca di halaman yang lain. Untuk bisa memahami isi Alkitab, kita wajib pula mempunyai bahan pelengkap atau alat bantu untuk belajar Alkitab seperti berikut :

Memiliki beberapa buku referensi, seperti : 

 
Alkitab berbahasa yang Anda pahami. Kalau bisa memiliki Alkitab dua bahasa. Tujuannya untuk lebih mengerti kalimat ayat-ayat yang Anda baca.

 
Konkordansi Alkitab. Sejenis buku bantuan untuk mencari ayat-ayat Alkitab yang dibutuhkan pada saat belajar Alkitab. Buku ini berisikan kumpulan ayat-ayat Alkitab yang disusun sesuai kesamaan katanya.

 
Buku Tafsir Alkitab. Buku ini memberikan penjelasan-penjelasan mengenai yang dimaksud ayat-ayat Alkitab. 

 
Buku Peta Alkitab. Untuk bisa lebih memahami situasi dan kondisi suatu tempat yang dikisahkan dalam Alkitab.

 
Kamus Alkitab. Kamus ini akan membantu menjelaskan istilah-istilah yang terdapat dalam Alkitab, arti kata-kata dari bahasa asli Alkitab dan sebagainya.


Ensiklopedia Alkitab. Buku ini akan menjelaskan lebih rinci dalam segala hal yang tertulis dalam alkitab. 
 
Bagi Anda yang memang tidak memungkinkan untuk memiliki buku-buku referensi tersebut, Anda bisa memanfaatkan alamat situs di :


http://alkitab.sabda.org/home_old.php

Atau klik saja:    "DI SINI"


Semua kebutuhan yang disebutkan di atas mungkin bisa terpenuhi. Jika Anda memerlukan soft ware Alkitab Mobile untuk HP Anda, situs Alkitab Sabda inipun menyediakannya. Anda bisa mendownloadnya gratis. 


Bagi Anda yang bisa bahasa Inggris atau sedang belajar bahasa Inggris Anda bisa memanfaatkan alamat situs di: 

http://www.easyenglish.info 

atau klik saja  DI SINI

Situs ini dapat membantu Anda untuk belajar Alkitab dengan lebih terarah dan sekaligus membantu Anda untuk belajar bahasa Inggris.

Selamat belajar Alkitab. Tuhan Yesus memberkati.


1 komentar:

Komentar Anda sangat saya harapkan.Bila ada komentar yang lebih mendalam dan memerlukan penjelasan yang lebih terperinci, dapat melalui : rony.gunawan.sth@gmail.com
Trims Gbu