CARA BELAJAR ALKITAB MELALUI KISAH TOKOH ALKITAB

Saudara yang dikasihi Tuhan. Syalom. Selamat bertemu di situs Cara Belajar Alkitab.

Anda tahu, banyak metode yang digunakan untuk belajar Alkitab. Kali ini situs “Cara Belajar Alkitab” akan menggunakan metode “pengamatan atas kisah tokoh Alkitab”. Saudara, Anda harus ingat, bahwa Anda belajar Alkitab tentunya dengan tujuan untuk mengetahui pesan Firman Tuhan, mengetahui apa yang Tuhan kehendaki dalam hidup Anda dan bagaimana seharusnya Anda hidup sebagai orang beriman. Inilah yang menjadi tujuan utama dalam belajar Alkitab. 




Dalam menggunakan metode ini, jangan sampai Anda berusaha untuk mengetahui apakah kisah tokoh yang Anda pelajari ini kisah nyata ( historis ) atau legenda. Kita harus ingat bahwa Alkitab bukanlah kitab sejarah atau novel. Sesungguhnya, kita mengimani bahwa apa yang dikisahkan dalam Alkitab sungguh terjadi, tapi kita harus menyadari bahwa Alkitab adalah kitab tulisan spiritual atau yang bersifat rohani. Alkitab adalah kitab yang bertuliskan tentang keyakinan atau iman umat pada Tuhan, serta hubungan umat dengan Tuhan. Itulah sebabnya, bahasa  Alkitab penuh dengan simbol-simbol/lambang-lambang, ungkapan-ungkapan dan kiasan-kiasan yang harus dipahami sebagaimana seharusnya dipahami. Singkatnya, bahasa Alkitab adalah bahasa iman, artinya tulisan Alkitab bisa dimengerti atau dipahami dengan cara sudut pandang iman.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan dengan menggunakan metode kisah tokoh Alkitab ini :


Langkah pertama, perhatikan baik-baik, bahwa dalam Alkitab ada tokoh-tokoh yang digolongkan sebagai tokoh iman, yaitu tokoh yang dalam sepanjang kehidupannya berjuang mempertahankan dan menumbuhkembangkan imannya, serta berusaha patuh pada Firman Tuhan. Sebaliknya, ada tokoh-tokoh yang diceritakan dalam Alkitab sebagai orang yang hidupnya tidak beriman pada Tuhan, bahkan hidup dalam kejahatan, walaupun sebenarnya dia adalah orang yang termasuk kelompok “umat Tuhan”. Ada lagi tokoh yang awalnya bukan umat Tuhan, dilihat dari sudat pandang kepercayaan Israel dalam Perjanjian Lama dan kepercayaan Kristiani dalam Perjanjian Baru, kemudian menjadi umat Tuhan. Anda perlu mengetahui pemilihan tokoh yang Anda pakai sebagai bahan belajar Alkitab itu, termasuk kelompok yang mana. Pembagian kelompok ini untuk mempermudah Anda untuk bisa lebih cepat dan tepat untuk menangkap pesan Firman Tuhan.

Langkah berikutnya adalah, mencari ayat-ayat yang berhubungan dengan tokoh yang Anda sedang pelajari. Anda kumpulkan ayat-ayat tersebut, dari kitab Perjanjaian Lama dan Perjanjian Baru. Bagaimana cara mengumpulkannya ? Anda bisa menggunakan buku konkordansi Alkitab atau buku Pedoman Alkitab. [Keterangan : Buku-buku ini dijual di toko buku kristen.] Misalnya topik Anda mengenai tokoh Musa, carilah kata Musa dalam buku-buku tersebut. Anda akan menemukan didalamnya banyak ayat-ayat tentang Musa, baik yang ada di dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru. Buku-buku tersebut sangat membantu, sebab ayat-ayat tersebut disusun dan diberikan catatan-catatan yang mempermudah kita untuk mengelompokkan ayat-ayat yang akan kita lakukan. Terlebih lagi jika Anda mempunyai buku Encyclopedia Alkitab, sangat membantu sekali. Sebab, sudah dikelompokkan dengan lengkap. Anda tinggal mendalaminya saja. Tapi, jika Anda belum memiliki buku-buku tersebut, gunakan saja situs Alkitab online yang ada di dinternet. Saya siapkan dua links untuk Anda, yaitu www.alkitab.sabda.org (Bahasa Indonesia) dan www.easyenglish.info (Bahasa Inggris)

Penjelasan :

Baca dengan teliti cara menggunakan tools yang ada di situs tersebut. Kedua situs ini menyediakan segala kebutuhan untuk mempelajari Alkitab. Manfaatkanlah sebaik-baiknya.

Selanjutnya, kelompokkan ayat-ayat tersebut menjadi beberapa kelompok sesuai dengan ayat-ayat yang ada. Bagaimana caranya ? Nampaknya, tulisan Alkitab mempunyai pattern atau pola yang hampir sama dalam setiap kisah tokoh Alkitab. Setiap kisah selalu menceritakan bahwa Tuhan memilih seseorang dan kemudian memanggilnya untuk menjalankan kehendak atau rancanganNya. Diceritakanlah panjang lebar tentang cara pemilihan dan pemanggilan itu. Kemudian dikisahkan bagaimana respon orang tersebut atas panggilan itu. Disusul dengan respon Tuhan atau pernyataan Tuhan menanggapi respond sang tokoh tersebut. Selanjutnya, dikisahkan bagaimana proses terjadi dalam pelaksanaan atau penolakkan tugas tersebut. Akhirnya, diceritakan bagaimana sikap Tuhan dan pernyataan Tuhan terhadap hasil kerja yang ditugaskan Tuhan pada sang tokoh. Kita dapat mengelompokkan ayat-ayat Alkitab yang telah kita kumpulkan dengan memperhatikan pola / pattern ini. Tentunya, pola ini tidak berlaku secara umum, bisa saja ada yang berbeda. Di dalam kitab encyclopedia kisah tokoh-tokoh Alkitab sudah tersusun rapih. Cara yang dipakai oleh kitab encyclopedia untuk mengelompokkannya adalah, pembagian masa hidupnya secara sistimatis dan kronologis.
Kita akan memiliki kemudahan untuk menentukan judul apa yang kita akan tentukan dalam belajar Alkitab, kalau kita sudah memiliki pembagian kelompok ayat-ayat Alkitab. Selain itu, kita dapat melihat dengan mudah, kisah sang tokoh secara keseluruhan. Belajar Alkitab dengan metode “pengamatan kisah tokoh Alkitab”, memang membutuhkan banyak waktu. Bisa berhari-hari, bahkan bisa berminggu-minggu. Menurut saya, hal itu tidak menjadi masalah. Yang terpenting adalah, kita mendapatkan pesan Firman Tuhan sebagai hasil belajar Alkitab secara pribadi, hasil persekutuan dan pergumulan kita dengan firmanNya. Bukan sebagai hasil perenungan orang lain.

Mencari Ayat-Ayat Alkitab Yang Berhubungan Dengan Musa :

Menggunakan :Situs Alkitab Sabda di  www.alkitab.sabda.org
Anda akan masuk ke halaman yang berisikan kolom-kolom. Ikuti catatan di bawah :

Pencarian Universal

Musa
Cari
Hanya dalam TB
Pencarian Tepat

Catatan :

Kolom kosong diketik : Musa
Kolom “Hanya dalam TB” diklik/dicentang
Kolom “Pencarian tepat” diklik/dicentang
Klik kata “Cari” yang ada di bawah kolom Musa

Maka akan muncul kumpulan ayat-ayat mengenai Musa. Anda tahu berapa jumlah ayat yang mucul ? Wow, banyak sekali. Mungkin Anda berpikir, "Cara ini akan menimbulkan kejenuhan, terlebih lagi bila ayatnya dibaca satu persatu." Anda harus ingat bahwa Firman Tuhan itu diumpamakan seperti batu permata atau harta karun yang tidak ternilai harganya, maka untuk mendapatkannya kita harus memiliki ketekunan dan kesabaran. Caranya yang paling cepat dan tepat, belilah buku-buku referensi seperti yang saya lakukan. Mau yang murah ? Beli electronic book(e-Book) saja.

Kali ini, saya akan buatkan pembagian pokok-pokok yang bisa dijadikan bahan Belajar Alkitab, yang saya ambil dan terjemahkan dari buku referensi yang saya miliki.

MUSA 


 KELUARGA

Ayahnya : Amram (Kel.6:2)
Ibunya : Perempuan Lewi ( Kel. 2 : 1 )
Sukunya : Suku Lewi ( Kel. 2:1)
Kakaknya laki-lakinya : Harun ( Kel.4 : 14 )
Kakak Perempuannya : Meriam ( Kel. 15 : 20 )

MASA KECILNYA

Kelahirannya ( Kel.2 : 2 )
Sebagai Bayi yang cantik ( Kis 7 : 20 )
Selagi bayi disembunyikan selama tiga bulan ( Kel 2: 3 )
Diadopsi oleh putri Raja ( Kel. 2 : 4 – 10 )
Dinamai Musa ( Kel 2 : 10 )

MASA MUDANYA

Seorang yang berpendidikan ( Kis. 7 : 22 )
Mengidentifikasi dirinya sebagai bangsa Israel. ( Ibr. 11: 25 )
Membunuh seorang Mesir ( Kel 2 : 11-12 )
Usahanya menolong bangsanya tidak ditanggapi/ ditolak (Kis 7 :22 – 28)
Pelariannya ke Midian ( Kis 2 : 15 )

EMPAT PULUH TAHUN DI MIDIAN

Ketika dia berusia 40 tahun ingin mengunjungi bangsanya ( Kis 7:23)
Menikah dengan Rehuellah Zipora, putri imam Midian yang bernama Yitro ( Kel 2 : 21; 3: 1)
Tinggal di Midian sebagai pendatang, dalam ketidakjelasan selama 40 tahun (Kel. 2:22; Kis 7 : 29-30)
Panggilan Tuhan Pada Musa Di Gunung Sinai ( Horeb )
Musa Seorang gembala. ( Kel. 3 : 1 )
Dia menggembalakan ternaknya sampai ke gunung Horeb. ( Kel 3 : 1 )
Malaikat menampakkan diri padanya. ( Kel 3: 2 )
Tuhan memanggil Musa untuk melepaskan bangsa Israel keluar dari Mesir ( Kel 3 : 3 – 10 )

Empat Alasan Musa Menolak Atas Panggilan Tuhan

Merasa diri tidak sempurna ( Kel 3 : 11 )
Rasa ketakutan ketidak percayaan umat Israel. ( Kel 4 : 1 )
Merasa tidak fasih bicara. ( Kel. 4 : 10 )
Mohon agar orang lain saja yang diutus. ( Kel. 4 : 13 )

Allah Berjanji Memberikan Pertolongan.
Kehadiran Tuhan ( Kel. 3 : 12 )
Diberikan kuasa/otoritas dari Tuhan ( Kel. 3 : 13-14 )
Dijanjikan Kemampuan dari Tuhan ( Kel. 4 : 2 – 8 )
Dijanjikan adanya saling kerjasama. ( Kel 4 : 14 – 16 )

DARI MIDIAN KEMBALI KE MESIR

Pengumuman tentang pembebasan bangsa Israel ( Kel. 4 : 29 – 31 )
Sikap Raja Firaon terhadap pemberitaan pembebasan ( Kel. 5 : 2 )
Beban tugas pekerjaan bangsa Israel diperberat. ( Kel. 5 : 7 – 8 )

Sepuluh Tulah Yang Dikirim Pada Bangsa Mesir

Air berubah menjadi darah ( Kel 7 : 14 – 25 )
Katak-katak ( Kel. 8 : 1 – 15 )
Nyamuk / kutu ( Kel 8 : 16 – 18 )
Lalat ( Kel 8 : 20 – 32 )
Penyakit sampar terhadap binatang. ( ( Kel.9: 1-7 )
Barah / Bisul ( Kel. 9 : 9 : 8-12 )
Hujan es ( Kel. 9 : 13 – 25 )
Belalang ( Kel. 10 : 1-20 )
Kegelapan ( Kel. 10 : 21 – 29 )
Kematian anak sulung. ( Kel. 12 : 20 )

Hari Raya Paskah ( Kel 12 : 14 – 28 )
Keterangan : Ini sebagai perintah Tuhan agar dilakukan oleh bangsa Israel.

KELUARNYA BANGSA ISRAEL

Pemberangkatan meninggalkan Mesir ( Kel. 12 : 31 – 38 )
Tiang Awan ( Kel. 13 : 21 )
Pengejaran oleh Fiaroan dan tentaranya ( Kel. 14 : 1 – 9 )
Pembebasan ( Kel. 14 : 13 – 31 )
Nyanyian Musa ( Kel. 15 : 1 – 19 )
Marah dan Elim ( Kel. 15 : 23 – 27 )
Burung puyuh dan Manna dikirim Tuhan ( Kel. 16 : 13 – 15 )
Air keluar dari batu karang ( Kel. 17 : 1 – 7 )
Kemenangan melalui kerja-sama ( Kel. 17 : 8 – 13 )
Nasehat Jetro, mertua Musa ( Kel. 18 : 13 – 23 )
Tiba di gunung Sinai ( Kel. 19 : 1 – 2 )

DI GUNUNG SINAI

Musa Naik ke gunung Sinai yang pertama ( Kel. 19 : 3 – 6 )
Perjanjian umat Israel dengan Yuhan mengenai Firman Tuhan. ( Kel. 19 : 7 – 8 )
Penampakkan Tuhan di gunung Sinai ( Kel 19 : 18 – 20 )
Sepuluh Firman Tuhan diberikan. ( Kel. 20 : 1 – 17 )
Janji Kemenangan ( Kel. 23 : 20 – 31 )
Pemercikkan Darah ( Kel. 24 : 6 – 8 )
Penglihatan para tua-tua ( Kel. 24 : 9 – 11 )
Musa naik ke gunung Sinai yang kedua kali, tinggal di sana 40 hari.(Kel. 24 : 18 )
Anak lembu emas ( Kel. 32 : 1 – 6 )
Murka Tuhan ( Kel. 32 : 7 – 10 )
Doa Syafaat Musa ( Kel. 32 : 11 – 14 )
Hukuman atas penyembahan berhala ( Kel. 32 : 15 – 28 )
Musa naik ke gunung Sinai yang ketiga kali ( Kel. 32 : 30 – 31 )
Doa syafaat Musa yang kedua kali ( Kel. 32 : 31 – 32 )
Hapusnya hadirat Tuhan ( Kel 33 : 1 – 6 )
Persekutuan Tuhan yang intim dengan Musa ( Kel 33 : 11 )
Hadirat Allah dinyatakan kembali ( Kel. Kel. 33 : 12 – 17 )
Musa mencari visi baru ( Kel. 33 : 18 – 23 )
Tabel batu hukum Tuhan yang kedua diberikan ( Kel. 34 : 1 – 10 )
Musa di gunung Sinai selama 40 hari untuk yang kedua kalinya (Kel. 34 :27-28 )
Muka Musa bercahaya ( Kel. 34 : 30 – 35 )
Kemah tabernakel dibuat ( Kel. 40 : 1 – 38 )

DARI SINAI KE KADESH-BARNEA

Tiang Awan memimpin kebarangkatan umat ( Bil. 10 : 11 – 12 )
Doa Musa atas hukuman berupa api yang menimpa umat karena bersungut-sungut. ( Bill. 11 : 1 – 3 )
Musa marah dan sedih melihat umat mengomel tentang makanan ( Bil.11 : 4 -6, 10 )
Keluhan Musa pada Tuhan ( Bil. 10 : 11 – 15 )
Tujuh puluh tua-tua umat Israel ditujnjuk Tuhan untuk membantu Musa ( Bil. 11 : 16 – 17 )
Burung puyuh dikirim Tuhan ( Bil. 11 : 31 – 35 )
Musa menghadapi Miryam dan Harun yang berambisi dan berprasangka buruk padanya. ( Bil. 12 : 1 – 15 )

PADA SAAT DI KADESH-BARNEA

Musa diperintahkan Tuhan menentukan orang-orang sebagai pengintai dan pengintaianpun dilakukan. ( Bil 13 : 1 – 33 )
Pemberotakan umat Israel terhadap Musa ( Bil. 14 : 1 – 10 )
Murka Tuhan ( Bil. 14 : 11 – 12 )
Musa menjadi perantara ( Bil 14 : 13 – 20 )
Umat binasa di padang gurun. ( Bil. 14 : 28 – 33 ; Ibr. 3 : 17 – 19 )
Umat Israel dikalahkan bangsa Amalek ( Bil. 14 : 40 – 45 )

EMPAT PULUH TAHUN BERPUTAR-PUTAR DI PADANG BELANTARA

Tuhan memprediksi pengembaraan umat Israel di Padang belantara.(Bil. 14 : 33 )
Musa menghadapi orang yang melanggar Sabbat. ( Bil. 15 : 32 – 36 )
Pemberontakan Korah, Dathan dan Abiram terhadap Musa (Bil. 16 : 1 - 40)
Pemberontakan umat Israel ( Bil. 16 : 41 – 42 )
Musa menyuruh Harun mengadakan penebusan dosa umat ( Bil. 16 : 45 – 50 )

DI KADESH UNTUK KEDUA KALINYA

Kematian Miryam ( Bil. 20 : 1 )
Umat Israel bersungut-sungut karena kehausan. ( Bil. 20 : 2 – 6 )
Dosa Musa ( Bil. 20 : 7 – 13 )

PERJALANAN KE YORDAN

Musa menghadapi bangsa Edom yang tidak bersahabat. ( Bil. 20 : 14 – 22 )
Harun Meninggal ( Bil. 20 : 23 – 29 )
Ular tedung dan ular tembaga ( Bil. 21 : 5 – 9 )
Balaam, nabi mata duitan. ( Bil. 22 – Bil. 24 )
Ringkasan perjalanan ke Jordan ( Bil. 33 : 1 – 49 )

HARI – HARI TERAKHIR MUSA

Nyanyian Musa, Nasehat Musa, keadaannya menjelang kematiannya. ( Ul.32 – Ul. 33)
Musa naik ke gunung Nebo. ( Ul. 34 : 1 )
Penglihatan atas Tanah Perjanjian dan kematian Musa. ( Ul. 34 : 1 – 5 )
Penguburan Musa ( Ul. 34 : 5 – 8 )

MUSA BERSAMA YESUS DALAM KEMULIAAN

Musa muncul dalam kemuliaan bersama Yesus ( Mat. 17 : 3 )

Catatan :

Saudara, banyak sekali bahan pelajaran Alkitab yang bisa Anda dapatkan melalui kisah tokoh Musa atau tokoh Alkitab lainnya. Pengelompokkan ayat-ayat Alkitab atau pembagian kisah secara sistimatis dan kronologis, sangat membantu kita untuk menetapkan tema-tema apa yang kita mau pelajari tentang tokoh Alkitab tersebut. Selain itu, kita dapat mengetahui riwayat hidupnya lebih jelas. Ada beberapa cara pengelompokan ayat-ayat melalui kisah tokoh Alkitab, tapi kali ini, saya berikan model seperti yang telah saya buatkan.

Saya sebagai pembuat blog "Cara Belajar Alkitab" mengucapkan, “Selamat Belajar Alkitab. Tuhan Yesus memberkati.”

Tambahan :
Jika Anda bermaksud ingin belajar Alkitab dengan cara mempelajari kisah para nabi, klik saja nama-nama nabi di bawah ini :

AMOS   HABAKUK   HAGAI   HOSEA   MALEAKHI   MIKHA   YEHEZKIEL   

YEREMIA   YESAYA   YOEL   YUNUS   ZAKHARIA           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda sangat saya harapkan.Bila ada komentar yang lebih mendalam dan memerlukan penjelasan yang lebih terperinci, dapat melalui : rony.gunawan.sth@gmail.com
Trims Gbu