BELAJAR ALKITAB DENGAN MEMANFAATKAN SITUS ALKITABSABDA


Rekan-rekan yang dikasihi Tuhan. Marilah kita belajar Alkitab bersama, dengan memanfaatkan situs SABDAweb.sabda.org.   Situs ini memberikan penjelasan cara penggunaannya, berupa tutorial yang sangat jelas, namun kita harus menciptakan cara atau metode sendiri dalam menggunakannya.

Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah mempelajari situs SABDAweb.sabda.org  Kita harus mengetahui menu apa saja yang disediakan dan bagaimana caranya untuk mendapatkan alat bantu belajar Alkitab dalam situs ini.. Kami ajak Anda untuk sekilas mengenal situs tersebut dan sekaligus kita menggunakannya.


Klik saja : 




Di situs tersebut terdapat :

1.    Classic SABDAweb
2.    Study Bible SABDAweb
3.    SABDAwebSiteMap
4.    POPupSABDAWEB

Silahkan Anda buka satu persatu untuk mengetahui isi/content web di atas, agar pada saat Anda membutuhkannya Anda akan mendapatkannya dengan mudah. Klik saja satu-persatu link di bawah ini :
 

Dari Sekian banyak menu yang disediakan oleh SABDAWEB.SABDA.ORG,  tentunya kita akan memilih menu yang mana saja yang kita butuhkan pada saat kita "belajar Alkitab". Misalnya kita akan mempelajari kitab Injil Yohanes 3 : 16. Setelah kita tentukan kitab, pasal dan ayat yang kita mau pelajari, tentukan juga tema/judulnya. Kemudian Anda tentukan metode yang akan Anda gunakan.
Sebagai Contoh :

Bahan : Yohanes 3 : 16
Judul : Allah Mengasihi dan menyelamatkan manusia.
Metode Teks (Tekstual)

Keterangan :
Metode Teks/Tekstual ini belum di jelaskan dalam blog kami, maka dalam kesempatan ini sekaligus kami akan menjelaskannya.
Metode teks :
Metode teks/tekstual yang kami maksudkan adalah, metode yang dipakai untuk mempelari Alkitab dengan cara fokus terhadap teks (deskripsi/tulisan) dalam satu atau dua ayat, yang di dalamnya tersurat dan tersirat mengandung beberapa pokok bahasan dan adanya korelasi (hubungan) antar pokok bahasan tersebut.

Kita lanjutkan.......

Kiita akan mengcopy - paste Yoh. 3 : 16 dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan Yunani. Caranya :

Klik link "Classic SABDAweb" 

Muncul halaman depan (HOME) dari link tadi.

Klik tulisan "Multi Versi" yang terdapat dalam halaman depan (HOME) ini. Atau Anda bisa mengklik  tulisan "ALKITAB" yang terdapat dalam kotak menu. Hasilnya sama.

Muncul halaman baru, yaitu "Alkitab Multi Versi"

Tentukan Kitab, pasal dan ayat yang mau dipilih/dibaca.
Centang / klik kotak pilihan: Alkitab Terjemahan Baru  ( Versi Alkitab )
Centang / klik kotak pilihan "New King James Version" (Bahasa Inggris)
Centang / klik kotak pilihan " Interlinear Greek / Strong) (Bahasa Yunani)
Pilih Tampilan : @ Kolom  @ Pasal
Klik :   O K

Cari kitab Yohanes 3 ayat 16 dengan cara merollnya, lalu diblok dan dikopi.
Buka Wordoffice/Wordpad/Notepad/Evernote ( pilih saja salah satu untuk menyimpan hasil kerja Anda ) . Hasil copiannya di paste dihalaman kerja Anda. (Mis.: di Notepad)
Lakukan hal yang sama dalam Alkitab bahasa Inggris dan Yunani (  Pilih New King James Version dan TB Interlinear )

Di bawah ini hasil copy - paste Yoh. 3 : 16.
Alkitab Terjemahan  baru ( Bahasa Indonesia ) :
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

New King James Version (Bahasa Imggris):
For God so loved the world that He gave His only begotten Son, that whoever believes in Him should not perish but have everlasting life

TB Interlinear ( Bahasa Yunani ) :
Karena <1063> demikianlah <3779> Allah <2316> mengasihi <25> isi dunia <2889> ini, sehingga <5620> dikaruniakan-Nya <1325> Anak-Nya <5207> yang tunggal <3439> itu, supaya <2443> barangsiapa <3956> yang percaya <4100> akan <1519> Dia <846> jangan <3361> binasa <622>, melainkan <235> beroleh <2192> hidup <2222> yang kekal <166 p="">


Keterangan :
Angka-angka menujukkan kata dalam bahasa asli (Yunani) Jika Anda klik angka ini, maka akan muncul halaman yang  menjelaskan arti kata dalam bahasa Yunaninya. Contoh : Klik 2316, maka akan muncul : Kata Allah dalam bahasa Yunani adalah "THEOS", yang artinya dalam bahasa Inggris "God". Penjelasan cara membacanya dan juga artinya,  dalam bahasa Inggris. Kalau Anda tidak mengerti bahasa Inggris, gunakan alat penterjemah online yang ada di komputer Anda. Di copy lalu di paste di kotak penterjemah tersebut. Jika Anda belum menyimpan situs alat penterjemah, klik saja DI SINI.
        
Mari, kita lnjutkan langkah selanjutnya.
Buat Pertanyaan sebagai berikut :
Apa saja yang jadi pokok bahasan / inti renungan dalam ayat yang telah kita pilih ?

Jawabannya :
1. Begitu besar kasih Alah pada dunia ini. ( God so loved the world )
2. Sehingga Ia mengaruniakan AnakNya yang tunggal. ( He gave His only begotten Son )
3. Supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (whoever believes in Him should not perish but have everlasting life )

Ada tiga pokok bahasan yang satu sama lain ada keterkaitannya. Dari ketiga pokok bahasan itulah kita dapat tentukan judulnya, yaitu : "Allah mengasihi dan menyelamatkan  manusia".  Silahkan Anda pelajari  ketiga pokok bahasan tersebut dengan memanfaatkan situs SABDA.org.

Pokok Bahasan Pertama : "Begitu besar kasih Allah pada dunia ini."
Melihat teks ini, muculkan pertanyaan-pertanyaan.
Contoh :
Apa yang dimaksud dengan "kasih Allah"?
Apa yang dimaksud dengan dunia ?
Apa yang dimaksud dengan "Begitu besar kasih Allah pada dunia ini ?

Anda dapat membuat pertanyaan sebanyak-banyaknya, tapi harus diingat bahwa pertanyaan harus relevan/sesuai dengan teks ayat. Kemudian carikan kata kunci untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Ada 2 kata kunci yang kita akan pakai untuk search/browse, yaitu :  "Kasih Allah" dan  "Dunia"

Buka situs menu "Pencarian Khusus"   KLIK:  DI SINI  Muncul halaman "Pencarian Khusus". Klik tulisan "Teks Alkitab" ( yang berada di tengah halaman ) ; Muncul halaman baru; ketik kata "kasih Allah" di kolom yang bertuliskan "dengan semua kata". Pilih seluruh Alkitab pada kolom "jarak pencarian". Kemudian klik kata "Cari", yang ada di bagian kanan bawah kotak. Muncul halaman baru dan Anda akan menemukan banyak ayat tentang "kasih Allah".

Bagaimana caranya memasukkan ayat-ayat untuk dipersiapkan sebagai jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang Anda buat tadi ? Anda harus ingat bahwa Anda mengerjakan semua yang berhubungan dengan belajar alkitab ini, dalam halaman Wordoffice/Wordpad/Notepad/Evernote. Hal ini tentunya, memyebabkan Anda sering membuka dan menutup halaman lembaran kerja Anda dan halaman yang Anda search/browse, dengan cara meminimize dan memaximizenya. Jangan merasa bosan melakukan hal ini, sebab yang kita lakukan dalam belajar Alkitab menggunakan SABDAweb adalah mensearch dan membrowser.

Dalam hal memilih ayat-ayat yang digunakan sebagai jawaban pertanyaan-pertanyaan yang Anda buat, haruslah yang relevan. Ayat-ayat yang tidak sesuai, tidak perlu di pilih.

Inilah hasil Pencarian Kata Kunci : Kasih Allah ; Dunia
I Yoh. 4 : 10  Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita  dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita
Tit 3:4 Tetapi ketika nyata   kemurahan   Allah, Juruselamat   kita, dan kasih-Nya kepada manusia,
 I Yoh. 4 : 8  Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.
Hasil Pencarian Kata Kunci : "Dunia"
Yoh 3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia
1Yoh 4:5 Mereka berasal dari dunia;   sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia mendengarkan mereka.
Yoh 17:16 Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.
Yoh 1:10 Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, o  tetapi dunia tidak mengenal-Nya
Yoh 15:19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu u  dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.
Yoh 17:14 Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka,   karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia
Mzm 119:19 Aku ini orang asing di dunia,   janganlah sembunyikan perintah-perintah-Mu terhadap aku.
Luk 20:34    Jawab Yesus kepada mereka: "Orang-orang dunia ini kawin dan dikawinkan,
Pokok bahasan yang kedua adalah "Sehingga Ia mengaruniakan AnakNya yang tunggal". (Yoh. 3 : 16 b )

Pokok bahasan yang ke dua adalah, "Sehingga Ia mengaruniakan anakNya yang tunggal. Pencarian Kata Kunci : "AnakNya yang tunggal". Anda dapat menggunakan menu : Pencarian Khusus - Teks Alkitab. Kerjakan dengan cara yang sama seperti yang sebelumnya. Kata kuncinya adalah "AnakNya yang tunggal" atau "AnakNya". Hasilnya di copy,lalu dipaste di halaman/lembar kerja Anda.

Pokok Bahasan yang ketiga adalah "Supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." Menggunakan menu : Pencarian Khusus - Teks Alkitab.Kerjakan dengan cara yang sama seperti yang sebelumnya. Kata kuncinya adalah "percaya" , "binasa", "hidup kekal". Hasilnya di copy,lalu dipaste di halaman/lembar kerja Anda. 


Anda mendapatkan penjelasan tentang makna Yoh 3 : 16, melalui ayat-ayat yang Anda copy-paste tadi. Namun, ayat-ayat ini, baru sebagai awal bagi Anda untuk mempelajari Alkitab lebih jauh, khususnya mengenai Yoh 3 : 16.

Selanjutnya, Anda harus berusaha memanfaatkan situs "SABDAweb.SABDA.org" lebih jauh.
Klik : DI SINI lalu Klik "SABDAwebSiteMap" Muncul halaman yang berisikan menu seperti di bawah ini :

Home
Alkitab :Cari Kata(-kata) - Lihat Daftar Ayat - Lihat Pasal - Lihat Ayat Paralel
Biblika : Pengantar Kitab - Catatan Ayat
Alat-alat  : Konkordansi - Leksikon - Kamus - Peta
Download : Font - SABDAScript - SABDA-Lite - CD-ROM SABDA
PetaSitus
Tentang Kami
Dukung Kami
F.A.Q
Buku Tamu
Hak Cipta


Silahkan Anda klik Pengantar Kitab, lalu roll  dan Anda klik kitab Yohanes. Disini Anda akan mendapatkan penjelasan singkat tentang kitab Yohanes (Pengantar kitab Yohanes ). Anda lanjutkan klik pasal 3, kemudian cari ayat 16 dengan cara merollnya ke bawah. Setelah dapat anda klik 3 : 16. Muncul Yohanes 3 : 16 dari pelbagai versi bahasa.
Jika Anda mau membaca tafsiran Yoh 3 : 16 Klik DI SINI  ; lalu  klik "Catatan Ayat". Pilih dan klik Yohanes, pilih dan klik pasal 3, pilih dan klik ayat 16. Anda akan mendapatkan penjelasan mengenai kitab Yohanes 3 : 16. Penjelasan ini sangat membantu Anda untuk belajar Alkitab,membuat renungan atau bahan khotbah.


Bila perlu gunakan menu : yang lain. Anda bisa search di Classic SABDAweb;   StudyBible SABDAweb; SABDAwebSiteMap; danPOPup SABDAweb. Klik saja button di atas agar tidak merepotkan.Anda telusuri saja. Lama kelamaan Anda akan terbiasa dan merasa senang, sebab Anda mendapatkan hal-hal yang baru tentang Alkitab. Buatlah ringkasan renungan hasil "Belajar Alkitab" Anda pribadi,  dengan judul/tema "Allah mengasihi dan menyelamatkan umatNya." Tentukan sendiri "bentuk karangan/tulisan Anda. Pada umumnya bentuk karangan terdiri dari : Pendahuluan - Isi Renungan dan Kesimpulan. Dalam "Pendahuluan", Anda bisa bercerita tentang keadaan dunia yang semakin dipenuhi dengan kejahatan dan sebagainya. Hasil belajar Alkitab dengan menggunakan situs SABDAweb dsb, bisa digunakan sebagai "Isi dari renungan" Anda. "Kesimpulan" tentunya berisikan apa yang jadi ajakan atau nasehat dari Firman Tuhan yang Anda pelajari.

Sampai di sini penjelasan kami. Selamat Belajar. Salam Sukses. Tuhan Yesus Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda sangat saya harapkan.Bila ada komentar yang lebih mendalam dan memerlukan penjelasan yang lebih terperinci, dapat melalui : rony.gunawan.sth@gmail.com
Trims Gbu